Evakuasi Tim Sepakbola Remaja di Thailand Usai

12 0
thumbnail

Evakuasi Tim Sepakbola Remaja Thailand Telah Usai

Evakuasi Tim Sepakbola Remaja Thailand, di gua Tham Luang yang berlangsung mencekam, usai sudah.
Setelah tiga hari yang penuh ketegangan, tim penyelamat akhirnya bisa mengevakuasi semua korban yang terjebak di gua Tham Luang, Thailand, Selasa (10/7/2018) malam WIB.

Seperti yang dilaporkan oleh Channel News Asia, survivor terkahir yang diselamatkan adalah pelatih dari anak-anak anggota klub sepakbola tersebut.

Tim penyelamat dan medis yang menangani para korban juga sudah keluar dari gua, dengan membawa peralatan-peralatan yang dipakai dalam proses evakuasi.

Operasi penyelamatan ini melibatkan tidak kurang dari 90 penyelam gabungan dari Thailand dan negara lainnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, sebuah kelompok sepakbola remaja Thailand beserta dengan pelatih sekaligus gurunya yang berjumlah 13 orang, secara ironis terjebak selama dua minggu akibat hujan yang merendam lorong gua Tham Luang yang mereka telusuri.

Para remaja dan guru ini memasuki gua di pedalaman Thailand pada tanggal 23 Juni, dan tidak bisa kembali keluar.

Mereka kemudian dinyatakan hilang selama sembilan hari sebelum pada akhirnya ditemukan daam keadaan hidup pada Senin lalu (02/07/2018).

Selama sembilan hari tanpa kabar, dua penyelam Inggris berhasil menemukan korban yang terjebak di dalam gua pada jarak empat kilometer dari mulut gua. Semua korban dalam keadaan hidup, tapi tidak bisa dievakuasi karena lorong gua dibanjiri air.

Evakuasi Tim Sepakbola Remaja Thailand

Setelah ditemukan oleh tim pencari, mereka kemudian mengevakuasi diri ke gundukan kering di atas permukaan air di dalam gua.

Namun masalah berikutnya ialah bagaimana cara mengeluarkan mereka dari gua yang hampir seluruh lorongnya tergenang banjir.

Dan pada hari Minggu ini (08/07/2018), regu penyelamat yang terdiri dari 13 penyelam asing dan lima penyelam dari Angkatan Laut Thailand, memulai pengevakuasian.

Evakuasi Tim Sepakbola Remaja Thailand Dimulai

Evakuasi dilakukan secara besar-besaran dalam tiga hari terakhir, dibantu dengan berbagai peralatan canggih bantuan dari Eropa dan Amerika Serikat.

Misi penyelamatan yang rumit ini melibatkan prosedur, yaitu dua penyelam mengawal tiap anak yang keluar melalui lorong gua yang kecil dan tergenang air.

Waktu yang dibutuhkan untuk menggiring mereka keluar lebih cepat dari perkiraan, namun operasi sempat diberhentikan sementara selama 10 jam. Kemudian dilanjutkan kembali pada Senin pagi.

Tim evakuasi mengawali operasi dan masuk ke gua pukul 10.00 waktu setempat, ujar Narongsak Osottanakorn, kepala pimpinan operasi penyelamatan.

Pihak yang tidak terkait secara langsung dengan penyelamatan ini diminta untuk meninggalkan daerah di dekat pintu masuk gua.

Yang tersisa hanya tim penyelam, dokter serta pasukan pengaman.

Tim-sepak-bola-U-16-yang-terperangkap-di-dalam-gua-Tham-Luang-menerima-perawatan-dari-seorang-dokter-di-Chiang-Rai,-Thailand

Evakuasi pun berjalan dengan baik dan berujung sukses.

Menurut Narongsak, para korban dalam kondisi yang baik, bagi dari segi fisik maupun mental.

Total 1 Votes
0

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Komentar

Komentar

Tidak ada Komentar on "Evakuasi Tim Sepakbola Remaja di Thailand Usai"

Leave a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *